Cara Mengubah Permalink di Blogger Menjadi lebih SEO Friendly

Cara Mengubah Permalink di Blogger Menjadi lebih SEO Friendly


Permanlink adalah singkatan dari permanent link (tautan permanen), yaitu URL dari halaman blog atau website baik itu halaman posting maupun halaman statis. Permalink harus bersifat unik, artinya penamaannya tidak boleh ada yang sama. Sesuai namanya, permalink harusnya permanen dan tidak diubah. Ini karena mesin pencari akan mengindex URL awal dan ketika diganti, maka URL awal tersebut akan berstatus 404 atau tidak ditemukan.

Blogger sudah mempunyai fitur custom permalink yang memungkinkan kita untuk menentukan sendiri penulisannya seperti apa. Terkadang ketika lupa mengaturnya, permalink akan otomatis ter-generate dan malah mengambil kalimat dari paragraf pertama. Ini kurang bagus untuk SEO karena idealnya permalink itu langsung menembak kata kunci dan mewakili keseluruhan isi artikel.

Cara Edit Permalink Blogger Yang Terlanjur Dipublish

Pasti harus diedit, bukan? Tapi permalink Blogger tidak bisa diganti ketika sudah terlanjur dipublikasikan., terus bagaimana cara untuk mengganti atau mengeditnya ya?
Bagaimana Cara Edit URL Artikel Blogspot yang sedah terlanjur di publikasikan ?

1. Buka dashboard Blogger dan pilih artikel yang ingin diganti permalinknya. Klik tulisan |Edit| yang ada di bawah judul.

Cara Mengubah Permalink di Blogger Menjadi lebih SEO Friendly


2. Klik tombol Revert to draft yang ada di kanan atas.

Cara Mengubah Permalink di Blogger Menjadi lebih SEO Friendly


3. Klik lagi kolom  Permalink yang ada di kanan. Sekarang tulisannya sudah bisa diedit, bukan? Pilih Custom Permalink dan ubah sesuai kebutuhan lalu klik tombol Done. Setelah selesai klik tombol Publish agar artikel kembali terpublikasikan.



Sampai disini permalink artikel Blogger sudah terganti. Tapi kamu masih punya pekerjaan lain karena pengunjung masih akan terus mendatangi URL artikel lama. Anggap saja blog kamu ada di posisi teratas dalam hasil pencarian. Dan yang terindex disana masih URL artikel lama. Ketika pengunjung membukanya, maka halaman tersebut tidak akan tersedia. Pengunjung pun kecewa karena informasi yang mereka butuhkan tidak ditemukan dan pergi meninggalkan blog kamu. Belum lagi kalau sudah terlanjur disebarkan ke media sosial.

Mungkin Sobat  berfikir Ah tinggal buat postingan baru saja kalau gitu dan sesuaikan permalinknya dengan yang diinginkan. Isi tulisannya ya tinggal copy paste dari postingan lama. Ini pemikiran yang keliru karena mesin pencari akan menganggapnya sebagai artikel baru dan tidak akan langsung berada di posisi yang sama seperti artikel lama. Bayangkan jika artikel lama yang sudah sudah payah ada di posisi teratas malah dianggap sebagai broken link ketika permalinknya diganti. Disinilah harusnya diberikan pengalihan atau  redirect dari artikel lama ke artikel baru agar tidak kehilangan traffic .

Semoga bermanfaat…
Disqus CommentTUTUP

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Prenjack All Right Reserved - Created by Crepictdgz